Pertemuan Pembahasan dan Penyusunan Laporan Analisis Data Laboratorium BBTKLPP Yogyakarta Tahun 2022


Pada Hari Rabu-Kamis, tanggal 13-14 April 2022 diselenggarakan Pertemuan Pembahasan dan Penyusunan Laporan Analisis Data Laboratorium secara virtual. Acara dibuka oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta Dr. dr Irene, M.K.M. Pertemuan diikuti oleh 80 orang dari BBTKLPP Yogyakarta dan beberapa perwakilan tenaga sanitarian dari Dinkes Kabupaten di Jawa Tengah.

Hari pertama pemaparan disampaikan oleh Dr. Tri Wahyuni Sukesi, S.Si., MPH dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, dengan materi pertama tentang Penulisan Artikel Ilmiah. Paparan berisi Tahapan Penulisan Artikel Ilmiah, Outline Artikel Ilmiah terdiri dari Abstrak, Pendahuluan, Metode, Hasil, Pembahasan, Simpulan, Saran, Daftar Pustaka. Penulisan latar belakang harus memuat hal-hal yang melatarbelakangi kenapa penelitian harus dilakukan, paling mudah berawal dari data kasus. Latar belakang dicantumkan referensi yang jelas. Dalam satu paragraf terdiri dari banyak referensi, diusahakan dalam setiap kalimat ada sitasi. Disampaikan untuk data-data yang dimiliki oleh BBTKLPP Yogyakarta bisa dilakukan analisis time series untuk data yang lokasinya setiap tahun sama, dihubungkan dengan data penyakit yang ada di wilayah tersebut. Untuk kajian merkuri bisa dilakukan ARKL (Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan).Materi kedua “Mengenal Menulis Publikasi Ilmiah dari Hasil Penelitian”.

Hasil penelitian penting dipublikasikan dalam bentuk jurnal ilmiah. Jenis jurnal ada 4 : Jurnal nasional, jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional dan jurnal internasional bereputasi. Menulis artikel memiliki tingkat kesulitan yang berbeda untuk tiap jurnal, terutama untuk jurnal yang terakreditasi.

Materi hari kedua disampaikan oleh Dr. Dwiarso Rubiyanto, M.Si. Ketua Program Studi Kimia, FMIPA Universitas Islam Indonesia Yogyakarta tentang Manajemen Dokumen Ilmiah dan Penyusunan Referensi diikuti oleh 78 peserta. Data dapat disajikan dalam bentuk laporan ataupun naskah/artikel yang dipublikasikan ke dalam Jurnal. Materi yang disampaikan : Alur Penerbitan Jurnal, Aturan-aturan dalam penulisan jurnal, Prinsip-prinsip dalam sitasi dan referensi. Pada kesempatan ini juga dilakukan simulasi contoh penulisan sitasi menggunakan softwere Mendeley.

Pertemuan ditutup oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta, beliau menyampaikan bahwa pertemuan selama 2 hari ini memberikan pencerahan dan wawasan bagi para peserta. Selama ini survei/kajian yang dilakukan oleh BBTKLPP Yogyakarta sudah diperoleh data yang lengkap, tetapi dalam penyajian laporan masih secara deskriptif dan menggunakan referensi yang jadul. Semoga dengan pertemuan ini dapat memperbaiki kualitas laporan di BBTKLPP Yogyakarta.