Pertemuan Daring Workshop Online Meta Analisis untuk Riset Kesehatan dengan Aplikasi RevMan Tahun 2022


Untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia di BBTKLPP Yogyakarta, khususnya bagi fungsional teknis Epidemiolog Kesehatan dan fungsional teknis terkait lainnya (Entomolog Kesehatan, Sanitarian dan Pranata Laboratorium Kesehatan), dalam pelaksanaan tugas pengolahan dan analisis data lanjut menggunakan meta analisis, BBTKLPP Yogyakarta menyelenggarakan Workshop Online Meta Analisis untuk Riset Kesehatan dengan Aplikasi RevMan. Kegiatan tersebut dilakukan atas kerjasama dengan Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Workshop dilakukan secara daring dan diikuti oleh B/BTKLPP seluruh Indonesia, PAEI Cabang DIY, serta akademisi dan mahasiswa dari beberapa universitas di Indonesia.

Workshop diawali dengan proses instalasi aplikasi RevMan 5.3 dan aplikasi Mendelay pada tanggal 11 April 2022 oleh peserta workshop dengan pendampingan dari panitia Pascasarjana UNS. Pelaksanaan workshop pada hari pertama (12 April 2022), dimulai dengan laporan kegiatan oleh Ketua IKMA (Joko Tri Atmojo, M.K.M). dilanjutkan sambutan oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta (Dr.dr. Irene, M.K.M.). Setelah itu, disampaikan materi inti yaitu: 1) Prinsip meta-analisis untuk pembuat/pengambil kebijakan dan prinsip meta-analisis untuk peneliti oleh Prof. Bhisma Murti, M.P.H., M.Sc., Ph.D., 2) Mencari Artikel dari Database Elektronik oleh Amalia Wijiwinarsih, S.ST, M.K.M., 3) Critical Appraisal oleh Isna Nur Rohmah, S.Tr.Keb., M.K.M., serta 4) Mempersiapkan Proposal Penelitian Meta-Analisis oleh Anggun Fitri H, S.Tr.Keb., M.K.M.

Materi yang disampaikan pada hari kedua (13 April 2022) yaitu: 1) Penggunaan RevMan 5.3 untuk Data Outcome Dikotomi oleh Siti Mar'atul M, S.K.M., M.K.M., 2) Penggunaan RevMan 5.3 untuk Subgroup Meta-Analysis oleh Dinda Anindita Salsabila, M.K.M., 3) Penggunaan RevMan 5.3 untuk Data Outcome Kontinu oleh Mario F. Helan Sani, S.Gz., M.K.M., dan 4) Publikasi Artikel Meta-Analysis oleh Akhmad Azmiardi, S.K.M., M.K.M.

Setelah pemaparan materi, dilakukan sesi diskusi tanya jawab dimana peserta sangat antusias dengan semua materi yang disampaikan oleh narasumber, sehingga banyak peserta yang mengajukan pertanyaan selama kegiatan workshop berlangsung.