Pertemuan Daring Koordinasi Optimalisasi Kerjasama Lintas Program Lintas Sektoral dalam Penanggulangan KLB (Pes)


Dalam rangka upaya pelaksanaan kewaspadaan dini penyakit pes di Indonesa, khususnya di daerah bekas fokus pes di Kabupaten Sleman D.I.Yogyakarta dan Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah, BBTKLPP Yogyakarta menyelenggarakan pertemuan daring Koordinasi Optimalisasi Kerjasama Lintas Program Lintas Sektoral (LPLS) dalam Penaggulangan KLB (Pes) pada hari Selasa, 19 April 2022. Pertemuan ini diikuti oleh Dinas Kesehatan DIY, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, Balai Kesehatan Masyarakat Wilayah Klaten, Balai Taman Nasional Gunung Merapi, Puskesmas di Kabupaten Sleman dan Puskesmas di Kabupaten Boyolali.

Acara dibuka oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta (Dr. dr. Irene, M.K.M.) yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa BBTKLPP Yogyakarta dalam upaya kewaspadaan dini penyakit Pes telah melaksanakan surveilans terpadu pada daerah-daerah bekas focus Pes di DIY dan Jawa Tengah dengan kegiatan Survelians Kasus pada manusia maupun Surveilans Rodent. Pertemuan Koordinasi Optimalisasi Kerjasama Lintas Program dan Lintas Sektoral dilaksanakan untuk koordinasi dengan stakeholder terkait dan penyegaran pengetahuan terkait penyakit Pes sehingga kegiatan Surveilans terpadu dapat berjalan lancar.

Acara dilanjutkan penyampaian materi dengan moderator Sub Koordinator Sub Substansi Pengkajian dan Diseminasi BBTKLPP Yogyakarta (dr. Dwi Amalia, M.P.H). Materi yang disampaikan narasumber yaitu Diagnosis, Penemuan Kasus Baru dan Surveilans Pes pada Manusia oleh dr. Agus Subronto, M.Kes., dan Identifikasi Vektor dan Rodent Terkait Surveilans Pes pada Rodent oleh Dr. Ristiyanto, M.Kes. Setelah pemaparan materi selesai, dilakukan sesi diskusi dan tanya jawab.

Pada akhir acara disampaikan Rencana Pelaksanaan Surveilans Sylvatik Rodent dalam Rangka Eliminasi Pes Tahun 2022 yang akan dilakukan di D.I.Yogyakarta (wilayah kerja Puskesmas Cangkringan Kabupaten Sleman) dan Provinsi Jawa Tengah (wilayah kerja Puskesmas Selo dan Puskesmas Cepogo Kabupaten Boyolali) pada Bulan Juli dan Agustus Tahun 2022 dengan pemasangan trap di hutan Taman Nasional Gunung Merapi. Acara ditutup oleh Koordinator Substansi Surveilans Epidemiologi (dr. Yohanna Gita Chandra, M.S.) dengan harapan materai yang disampaikan narasumber dapat menambah pengetahuan dalam pelaksanaan kegiatan surveilans rodent.

Salam Sehat