Uji Coba Jalur Evakuasi Bencana di BBTKLPP Yogyakarta


Jalur evakuasi adalah jalur penyelamatan yang didesain khusus menghubungkan semua area ke area yang aman sebagai titik kumpul. Jalur evakuasi harus dirancang menjadi jalur paling aman, paling cepat dan paling layak dilalui.

Berpartisipasi pada Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2022 dengan Tema “Siap Untuk Selamat”, Selasa 26 April 2022 BBTKLPP Yogyakarta menyelenggaran uji coba jalur evakuasi bencana di lingkungan BBTKLPP Yogyakarta dengan pendampingan dari BPBD Bantul.

Acara diikuti oleh seluruh ASN, PPNPN, Outsourcing, Mahasiswa Magang/PKL/Peneliti serta pelanggan /Mitra BBTKLPP Yogyakarta yang berada di lokasi pada tanggal tersebut.

Pelaksanaan uji coba jalur evakuasi ini untuk melihat efektifitas jalur yang telah dibuat dan akan digunakan lebih lanjut untuk menyusun dokumen rencana penanggulangan bencana, rencana kontinjensi dan rencana operasi kesiapsiagaan bencana di BBTKLPP Yogyakarta. Pelaksanaan ujicoba ditandai dengan suara sirine, kemudian personil keluar dari ruangan menuju titik kumpul mengikuti arah jalur evakuasi yang sudah ada dengan bergegas namun tetap tenang. Sampai di titik kumpul dan dilakukan pencatatan waktu oleh petugas, personil kemudian kembali ke ruangan masing-masing.

Setelah ujicoba berlangsung, personil mengisi link partisipasi keikutsertaan ujicoba, untuk memperoleh gambaran respon personil pada jalur evakuasi yang ada serta menjadi bahan masukan evaluasi selanjutnya.

Proses ujicoba, kelebihan dan kekurangan, serta tindaklanjut yang diperlukan kemudian dibahas bersama kepala BBTKLPP Yogyakarta (Dr. dr. Irene, MKM), Koordinator Substansi TU (Sayekti Udi Utama, SKM.,M.Kes), Tim K3, Security dan juga Tim BPBD Bantul.

Perbaikan akan dilakukan bertahap dan akan ditindaklanjuti dengan penyusunan dokumen rencana, SOP dan pembentukan tim gawat darurat untuk menuju instansi tangguh bencana.

BBTKLPP Yogyakarta " SIAP UNTUK SELAMAT "