Reakreditasi Laboratorium Kalibrasi BBTKLPP Yogyakarta


Pada tanggal 12 dan 13 Mei 2022 telah dilakukan asesmen dalam rangka Reakreditasi Laboratorium Kalibasi BBTKLPP Yogyakarta oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Asesmen ini dilaksanakan secara onsite, berkunjung langsung ke BBTKLPP Yogyakarta. Adapun tim asesor sejumlah 3 (tiga) orang dan observer 1 (satu) orang yaitu Bapak Dede Erawan (Ketua / Asesor Kepala), Bapak Ahmad Atsari Sujud (Anggota / Asesor), Bapak Heri Sutanto (Anggota / Asesor), dan Ibu Diyan Nurisnawati (Observer). Tujuan asesmen ini adalah untuk melihat kesesuaian dokumen sistem mutu dan implementasinya dengan SNI ISO/IEC 17025:2017 guna mempertahankan status akreditasi Laboratorium Kalibrasi BBTKLPP Yogyakarta.

Acara dibuka oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta Dr. dr. Irene, MKM. Dalam sambutannya disampaikan peran BBTKLPP Yogyakarta sebagai laboratorium rujukan khususnya laboratorium kalibrasi di wilayah kerja DIY dan Provinsi Jawa Tengah. Acara dilanjutkan kunjungan ke laboratorium kalibrasi dan asesmen tentang manajemen serta teknis kalibrasi dalam lingkup akreditasi yaitu kalibrasi suhu, instrument analitik, masa, dan volume selama 2 hari.

Hasil dari asesmen ini adalah laboratorium telah berupaya untuk menerapkan SNI ISO/IEC 17025:2017 dengan konsisten, namun dalam operasinya masih terdapat sejumlah ketidaksesuaian terkait : Persyaratan Struktural; Kaji Ulang Permintaan Tender dan Kontrak; Seleksi, verifikasi dan validasi metode; Evaluasi ketidakpastian pengukuran; Pemastian Keabsahan Hasil; Pelaporan Hasil; Analisis Resiko dan Peluang; Peningkatan, Tim asesmen akan merekomendasikan agar status akreditasi tetap diberikan, bila seluruh ketidaksesuaian telah ditindaklanjuti dengan baik dan berstatus memenuhi, dalam waktu yang telah disepakati.

Acara ditutup oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta dengan ucapan terima kasih kepada tim asesor dan akan segera melakukan perbaikan semua temuan supaya sertifikat akreditasi Laboratorium kalibrasi dengan nomor LK-131-IDN dapat dipertahankan.