On the Job Training (OJT) Kegiatan Surveilans Sentinel Antraks di Kabupaten Gunungkidul Tahun 2022


Antraks adalah penyakit zoonosis yang disebabkan oleh Bacillus anthracis. Bakteri ini berkemampuan membentuk spora saat berada di luar tubuh inang. Kemampuan spora antraks untuk bertahan di lingkungan menjadikan suatu daerah endemis dapat mengalami epidemi antraks secara berulang.

Dalam rangka mendukung upaya pencegahan dan pengendalian penyakit antraks di D.I. Yogyakarta, BTKLPP Yogyakarta melaksanakan Surveilans Sentinel Antraks di Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui besaran masalah antraks di masyarakat dengan mendapatkan gambaran epidemiologis, faktor risiko, dan gejala klinis antraks serta untuk meningkatkan kemampuan deteksi antraks melalui pengambilan dan pemeriksaan spesimen laboratorium. Puskesmas yang menjadi lokasi sentinel di Kab. Gunungkidul ada 7 puskesmas yaitu Puskesmas Saptosari, Gedangsari I, Semin I, Ponjong II, Rongkop, Karangmojo I dan Karangmojo II. Pemilihan lokasi didasarkan pada pernah terjadinya kasus antrak pada hewan ternak dan/atau manusia.

Kegiatan Surveilans Sentinel Antraks diawali dengan On the Job Training (OJT) yang dilaksanakan di masing-masing puskesmas antara minggu II - IV Agustus 2022. Peserta terdiri dari Dinkes D.I. Yogyakarta, Dinkes Kabupaten Gunungkidul, kepala puskesmas, dokter, perawat, petugas surveilans dan petugas laboratorium. Pada saat OJT dijelaskan mekanisme skrining kasus, pengisian formulir, dan pengambilan spesimen untuk pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan konfirmasi antraks dilakukan dengan pemeriksaan IgG antraks menggunakan metode ELISA terhadap spesimen serum, serta identifikasi secara molekuler/PCR terhadap spesimen usap eskar.