Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Tahun 2023


Dalam rangka mewujudkan keterpaduan penyelenggaraan pembangunan kesehatan antara Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Prioritas Pusat dalam transformasi sistem kesehatan, Dinas Kesehatan DIY menyelenggarakan Rakontek Perencanaan Tahun 2023 bertempat di Hotel Grand Inna Malioboro Jl. Malioboro No. 60, Suryatmajan, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta. BBTKLPP Yogyakarta berpartisipasi dalam acara tersebut pada tanggal 13 September 2022 secara luring diwakili oleh Kepala dr. Darmawali Handoko, M.Epid. didampingi Sub Koodinator sub substansi Program dan Laporan bersama 36 satuan kerja lainnya dan 13 satuan kerja mengikuti secara daring.

Koordinasi teknis kali ini menghadirkan Narasumber Bapak Ronaldus Mujur, M.B.A dan Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D dari Staf Khusus Menteri Kesehatan RI serta dari Tenaga ahli Dinkes DIY. Acara diawali dengan sambutan sekaligus pembukaan dari Kepala Dinkes DIY drg. Pembajun S, M.Kes. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan terimakasih atas partisipasi dari seluruh stakeholder terkait maupun lintas program lintas sektor serta instansi vertikal yang hadir dan berharap melalui acara ini dapat mewujudkan keterpaduan penyelenggaraan pembangunan kesehatan antara Provinsi dan Kab/Kota serta Prioritas Pusat dalam transformasi sistem kesehatan khususnya di perencanaan 2023.

Paparan materi pertama terkait Transformasi Sistem Kesehatan berupa Transformasi Layanan Primer, Transformasi Layanan Rujukan, Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, Transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, Transformasi SDM Kesehatan dan Transformasi Teknologi Kesehatan disampaikan oleh Bapak Ronaldus Mujur, M.B.A. Paparan kedua disampaikan oleh Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D. terkait Implementasi dan Peran Daerah Dalam Transformasi Sistem Kesehatan. Diskusi berlangsung sangat aktif di setiap akhir sesi paparan materi yang berfokus dengan isu-isu kebijakan baru transformasi sistem kesehatan dan implementasinya termasuk kendala-kendala yang dihadapi dan alternatif pemecahan masalah di lapangan. BBTKLPP Yogyakarta sebagai Instansi vertikal yang pada keseharian banyak bekerjasama dalam kegiatan teknis bersama Dinas Kesehatan di lingkup wilayah layanan DIY dilibatkan dalam acara hari pertama agar mmperoleh kesepemahaman dan keterpaduan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan 2023 dalam Kerjasama selanjutnya. Untuk dua hari ke depan acara dilanjutkan khusus diikuti oleh Dinas Kesehatan se-DIY untuk merumuskan perencanaan yang dapat mengakselerasi pencapaian sasaran dan penyelenggaraan pembangunan kesehatan antara Provinsi dan Kab/Kota.

Salam sehat