Monitoring dan Evaluasi Monkeypox oleh Balai Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK).


Pada tanggal 8 November 2022, Tim dari Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) melakukan kunjungan ke BBTKLPP Yogyakarta. Tim yang hadir 2 orang yaitu Ibu Siti Rahmatul Ro’iyah dan Bapak Ahmad Iqbal. Tujuan dari kegiatan kunjungan adalah untuk monitoring dan evaluasi serta bimbingan teknis kegiatan pemeriksaan Monkeypox tahun 2022.

Tamu kunjungan ditemui oleh Koordinator Substansi PTL, personil teknis dari Laboratorium Virologi & Imunologi dan staf dari Substansi PTL. Acara diawali dengan kunjungan ke Laboratorium Virologi & Imunologi, dilanjutkan sambutan oleh Koordinator Substansi PTL, Indah Nur Haeni, S.Si, M.Sc. dalam hal ini mewakili Kepala BBTKLPP Yogyakarta, kemudian sambutan dari BKPK oleh Ibu Siti Rahmatul Ro’iyah, dilanjutkan dengan diskusi serta penutupan.

Beberapa hal yang menjadi topik utama dalam kunjungan adalah terkait pemeriksaan monkeypox, optimasi reagen dan kendala yang dihadapi dalam pemeriksaan sampel. Selain itu, juga ada sharing pengalaman tentang pemeriksaan monkeypox. Diharapkan ke depannya akan ada kerja sama dengan surveilans dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dalam pemeriksaan monkeypox ini.