Finalisasi Kegiatan Surveilans Faktor Risiko Penyakit Bersumber Air Melalui Sumber Air Minum Masyarakat Tahun 2022


Menindaklanjuti hasil pengujian sampel air, observasi RPAM, wawancara responden dan pengurus SPAM/PAB, serta inspeksi kesehatan lingkungan di Kabupaten Blora pada bulan Agustus 2022, BBTKLPP Yogyakarta mengadakan finalisasi hasil kegiatan yang dilakukan di dua desa yang menjadi perwakilan lokus dengan kualitas air minum parameter fisik, kimia dan bakteriologi tidak memenuhi syarat yaitu Desa Sitirejo dan Desa Tempellemahbang pada tanggal 7 – 8 November 2022. Pertemuan dihadiri oleh 3 orang dari petugas sanitarian Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, perwakilan dari kantor desa, pengurus/pengelola SPAM/PAB serta tim dari BBTKLPP Yogyakarta (petugas sanitarian dan petugas Teknologi Tepat Guna).

Kegiatan diawali dengan penyampaian kata sambutan dari tim BBTKLPP Yogyakarta dan Dinkes Kabupaten Blora, setelah itu dilakukan serah terima sertifikat laporan hasil uji (LHU), modul RPAM dan leaflet (Sehat Air-Ku Penjernih Air Keruh, Chlorine Diffuser dan Penurunan Fe dan Mn), dan penyampaian laporan kegiatan. Selanjutnya tim TTG BBTKLPP Yogyakarta memberikan materi untuk menurunkan kadar parameter Besi, dan Bakteriologi sekaligus mempraktekan pengolahan untuk menurunkan kadar Fe dengan absorbsi-filtrasi menggunakan karbon aktif (arang aktif) dan batuan alam (zeolit). Penurunan kadar bakteriologi dengan alat Chlorine Diffuser. Selama prakterk TTG ada sesi diskusi/tanya jawab dengan pengelola/pengurus SPAM/PAB.

Sebelum acara ditutup dari tim BBTKLPP Yogyakarta penyampaian rekomendasi dan tindak lanjut kepada Dinkes Kabupaten Blora. Di akhir acara disampaikan ucapan terimakasih dari Kepala Desa Tempellemahbang dan Kepala Desa Sitirejo serta pengurus SPAM/PAB kepada BBTKLPP Yogyakarta karena telah melakukan pengujian kualitas air minum, sehingga pengelola SPAM/PAB mendapatkan data kualitas air yang selama ini dikonsumsi oleh masyarakat. Dengan adanya data kualitas air tersebut, dapat menjadi dasar dalam pengolahan kualitas air menjadi lebih baik.