Finalisasi Kegiatan Surveilans Faktor Risiko Penyakit Bersumber Air Melalui Sumber Air Minum Masyarakat Di Kabupaten Tegal Tahun 2022


Menindaklanjuti hasil pengujian sampel air, observasi RPAM, wawancara responden/pengurus SPAM/PAB, serta inspeksi kesehatan lingkungan di Kabupaten Tegal pada tanggal 21 - 22 November 2022, BBTKLPP Yogyakarta mengadakan finalisasi hasil kegiatan. Finalisasi dilakukan di dua kelompok pengurus SPAM/PAB yaitu Desa Jatimulya dan Desa Bojongsana Kabupaten Suradadi. Pemilihan lokasi berdasarkan kualitas air minum parameter fisik, kimia dan bakteriologi tidak memenuhi syarat. Pertemuan dihadiri oleh 3 orang petugas sanitarian Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, perwakilan dari kantor desa, pengurus/pengelola SPAM/PAB Desa Jatimulya dan Bojongsana serta tim dari BBTKLPP Yogyakarta (petugas sanitarian dan petugas Laboratorium Teknologi Tepat Guna).

Kegiatan diawali dengan penyampaian kata sambutan dari tim BBTKLPP Yogyakarta dan Dinkes Kabupaten Tegal, dilanjutkan penyerahan sertifikat laporan hasil uji (LHU), modul RPAM dan leaflet ( pembuatan Chlorine Diffuser dan Penurunan kadar Fe dan Mn ), serta laporan kegiatan.

Acara dilanjutkan pemberian materi oleh tim TTG BBTKLPP Yogyakarta tentang cara penurunan parameter Besi, Mangan, Kesadahan, Deterjen, Zat organik, Klorida, dan Bakteriologi. Dilakukan juga praktek pengolahan untuk menurunkan kadar Fe dengan absorbsi-filtrasi menggunakan karbon aktif (arang aktif) dan batuan alam (zeolit). Penurunan kadar bakteriologi dengan alat Chlorine Diffuser. Selama praktek TTG disertai sesi diskusi/tanya jawab dengan pengelola/pengurus SPAM/PAB.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan rekomendasi kepada Dinkes Kabupaten Tegal dan Puskesmas untuk dilakukan tindaklanjut. Penutupan dilakukan oleh Dinkes Kabupaten Tegal, disampaikan ucapan terimakasih kepada BBTKLPP Yogyakarta yang telah melakukan pengujian kualitas air minum, sehingga diketahui kualitas air layak atau tidak untuk diminum. Pengelola SPAM/PAB dapat menindaklanjuti melakukan pengolahan agar kualitas air  layak diminum.