Pertemuan Monitoring dan Evaluasi Kesehatan Lingkungan


Kesehatan lingkungan menjadi isu penting dalam transformasi kesehatan di Indonesia dan menjadi pendukung bagi pencapaian tujuan pembangunan nasional Bidang Kesehatan. Dalam rangka meningkatkan pencapaian sasaran kesehatan lingkungan, pada tanggal 14-16 Desember 2022 bertempat di Hotel Ibis Styles Bogor berlangsung Pertemuan Monitoring dan Evaluasi Kesehatan Lingkungan. Acara yang diselenggarakan oleh Direktorat Penyehatan Lingkungan Ditjen P2P Kemenkes RI tersebut diikuti oleh sanitarian dari B/BTKLPP, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan Dinas Kesehatan Provinsi se Indonesia. Dari BBTKLPP Yogyakarta, sanitarian yang hadir sebagai peserta adalah Yeni Yuliani.

Acara diawali dengan sambutan Direktur Penyehatan Lingkungan dr. Anas Maruf, MKM selaku ketua panitia dan dilanjutkan dengan sambutan Sesditjen P2P, dr. Yudhi Pramono, MARS yang sekaligus membuka acara secara resmi. Setelah pembukaan, dilakukan launching 5 buku pedoman penyehatan pangan yaitu: Pedoman Higiene dan Sanitasi pada TPP Tempe Kedelai dan Tahu Kedelai, Pedoman Tata Cara Pengisian Nomor Registrasi dalam Logo SLHS, Kajian Standar Baku Mutu Pangan Siap Saji, Pangan Aman Sehat di Kantin Sekolah, Pangan Aman dan Sehat di Masyarakat. Secara simbolis kelima buku pedoman tersebut diserahkan pada perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Bali, perwakilan dari KKP Manado, dan Kepala BBTKLPP Yogyakarta, dr. Darmawali Handoko, M.Epid.

Dalam pertemuan tersebut, terdapat materi-materi menarik yang dibahas antara lain: Overview Program Penyehatan Lingkungan, Analisis Pemetaan Tenaga Sanitasi Lingkungan (TSL) di Indonesia, Arah Pembangunan Bidang Kesehatan Lingkungan, Strategi Pencapaian Provinsi NTB ODF 100% dan Pencapaian 3 Pilar STBM, Peran UPT dalam Pelaksanaan Kegiatan Program Penyehatan Lingkungan melalui Upaya Terobosan dan Inovasi, Strategi dan Kebijakan Kegiatan di Direktorat Penyehatan Lingkungan, serta RPMK (Permenkes) Pelaksanaan PP 66/2014 Tentang Penyehatan Lingkungan. Di akhir pertemuan dilakukan diskusi dan penyusunan rencana tindak lanjut (RTL). Dalam penyusunan RTL, Direktorat Penyehatan Lingkungan selaku penyelenggara menghimpun masukan dari peserta yang hadir untuk pengembangan kegiatan penyehatan lingkungan pada tahun yang akan datang. Acara ditutup oleh Direktur Penyehatan Lingkungan, dr. Anas Maruf, MKM.