Kegiatan S3JE di DIY dan Provinsi Jawa Tengah


Sistem Surveilans Sentinel JE (S3JE) di Indonesia dimulai pada tahun 2014 dengan melibatkan delapan rumah sakit sentinel. Pada tahun 2018, surveilans sentinel JE dilaksanakan di 11 provinsi di Indonesia, yaitu di DKI Jakarta, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, NTB, NTT, dan Bali. Mulai tahun 2018 tersebut, BBTKLPP Yogyakarta sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, ditugaskan untuk melaksanakan pemeriksaan spesimen JE dari Provinsi Jawa Tengah (RSUP dr. Karyadi) dan DIY (RSUP dr. Sardjito). Pada tahun 2019, dilakukan pengembangan kegiatan S3JE di DIY dengan menambahkan 12 rumah sakit sentinel yang tersebar di seluruh wilayah DIY, yaitu di Kota Yogyakarta (4 rumah sakit), Kab. Sleman (4 rumah sakit), Kab. Kulon Progo (2 rumah sakit), Kab. Bantul (1 rumah sakit), dan Kab. Gunungkidul (1 rumah sakit). Pada tahun 2020, dilakukan penambahan satu sentinel S3JE di Provinsi Jawa Tengah, yaitu di RSUD K.R.M.T. Wongsonegoro.

Menindaklanjuti dilaporkannya kasus JE oleh RSUD Salatiga pada tahun 2021, dilakukan penambahan sentinel S3JE yaitu RSUD Salatiga pada tahun 2022. Sosialisasi Kegiatan dan on the job training (OJT) teknis S3JE bagi personil terkait di RSUD Kota Salatiga dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2022.

Selanjutnya, menindaklanjuti ditemukannya kasus JE dengan domisili kasus di Kabupaten Sukoharjo pada bulan Juli 2022, dilakukan penambahan sentinel S3JE di Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Wonogiri, serta Kota Surakarta pada tahun 2022. Sentinel S3JE di Kabupaten Sukoharjo adalah RSUD Ir. Soekarno Sukoharjo dan RS Universitas Negeri Sebelas Maret, dengan pelaksanaan Sosialisasi Kegiatan dan OJT pada hari Selasa, 11 Oktober 2022 dan Selasa, 25 Oktober 2022. Sentinel S3JE di Kabupaten Wonogiri adalah RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso dengan pelaksanaan Sosialisasi Kegiatan dan OJT pada hari Rabu, 12 Oktober 2022 Sementara itu, sentinel S3JE di Kota Surakarta adalah RSUD dr. Moewardi, dengan pelaksaan Sosialisasi Kegiatan dan OJT pada hari Senin, 24 Oktober 2022. Saat tahap Sosialisasi Kegiatan dan OJT di masing-masing fasyankes sentinel, diundang pula perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, dinas kesehatan kota/kabupaten terkait, serta Balkesmas Wilayah Klaten.

Dengan penambahan sentinel S3JE ini, diharapkan cakupan surveilans JE dapat lebih luas, sehingga dapat diperoleh gambaran epidemiologi penyakit JE di Indonesia, khususnya di DIY dan Provinsi Jawa Tengah.