Kunjungan Prodi Ilmu Komputer Universitas Sumater Selatan dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke BBTKLPP Yogyakarta


Pada hari Jum’at tanggal 3 Februari 2023 Prodi Ilmu Komputer Universitas Sumatera Selatan melaksanakan kunjungan ke BBTKLPP Yogyakarta. Acara berlangsung di Aula lantai 5 Gedung Administrasi BBTKLPP Yogyakarta dihadiri oleh 77 orang dari Universitas Muhammadiyah Palembang yang terdiri dari 1 orang Kepala Urusan Kemahasiswaan, 1 orang Kepala Prodi, 4 orang dosen pendamping, 72 orang mahasiswa dan 5 orang perwakilan dari BBTKLPP Yogyakarta yaitu Koordinator Substansi Tata Usaha, Sayekti Udi Utama, S.K.M., M.Kes., Kasubbag Administrasi Umum, Dhelina Auza Utami, S.Farm, Apt., M.M., Kepala Instalasi Diklat, Mieng Nova Sutopo, S.K.M, M.Kes., Kepala Instalasi Teknologi Informasi, Mardiansyah, S.Kom, M.P.H. beserta staf. Sebelum acara dimulai terlebih dahulu dibacakan safety briefing oleh MC, Andriyani, SE.

Sambutan pertama dari Kepala Kemahasiswaan Prodi Ilmu Komputer Universitas Sumatera Selatan, Usep Teisnajaya, M.Kom. Disampaikan terima kasih sudah menyediakan waktu dan bersedia menerima kunjungan ini. Tujuan dari kegiatan ini dalam rangka menjalankan kurikulum Prodi Ilmu Komputer tentang mata kuliah wajib yaitu Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Kompetensi keahlian Ilmu Komputer dan Software Engineering.

Sambutan kedua dari BBTKLPP Yogyakarta yang diwakili oleh Koordinator Substansi Tata Usaha, Sayekti Udi Utama, S.K.M, M.Kes. Dalam sambutannya disampaikan pihak BBTKLPP Yogyakarta mengucapkan selamat datang dan terima kasih sudah memilih BBTKLPP Yogyakarta sebagai tempat kunjungan lapangan dalam rangka pelaksanaan KKL. Beliau berharap seluruh mahasiswa dapat berperan aktif dalam proses kunjungan dan diskusi selama kegiatan berlangsung agar mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapan

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kepala Instalasi Teknologi Informasi, Mardiansyah, S.Kom., M.P.H. Dalam paparannya, disampaikan tentang implementasi teknologi informasi dalam mendukung pelayanan di BBTKLPP Yogyakarta yang meliputi pengelolaan hardware, pengelolaan jaringan dan pengelolaan software. Dikarenakan peserta KKL mempunyai konsentrasi jurusan pada software engineering, pada paparan ini lebih banyak dibahas tentang pengelolaan software dimulai dari proses perencanaan hingga implementasi software di level user. Pada kesempatan ini disampaikan implementasi aplikasi elektronik sistem informasi manajemen terpadu (eSIMDADU) dalam mendukung tugas pokok dan fungsi BBTKLPP Yogyakarta, salah satu modulnya adalah elektronik sistem informasi laboratorium yang berfungsi untuk membantu proses manajemen pemeriksaan contoh uji mulai dari proses registrasi hingga penerbitan sertifikat lembar hasil uji. Selain itu disampaikan juga saat ini aplikasi eSIMDADU telah dipilih oleh Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan sebagai prototipe Aplikasi Sistem Informasi Laboratorium Nasional yang terintegrasi dengan Indonesian Health Service (HIS) SatuSehat yang saat ini masih dalam tahap pengembangan dan diimplementasikan di seluruh laboratorium mulai tingkat 1 (laboratorium dasar) sampai tingkat 5 (laboratorium nasional).

Setelah paparan materi, acara dilanjutkan dengan diskusi, penutup dan diakhiri dengan kunjungan ke instalasi Teknologi Informasi dan beberapa instalasi penunjang di Laboratorium untuk melihat implementasi teknologi informasi dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi sehari-hari.