Pembekalan Teknis Surveilans Sentinel Malaria di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah


Pada tahun 2023, BBTKLPP Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Surveilans Sentinel Malaria di lima kabupaten, salah satunya adalah Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah. Empat kabupaten yang lain terdiri dari Kabupaten Kulon Progo di D.I. Yogyakarta, serta Kabupaten Purworejo, Wonosobo, dan Banjarnegara di Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan Surveilans Sentinel Malaria akan menghasilkan dua keluaran utama, yakni informasi hasil surveilans kasus malaria knowlesi dan informasi kekerabatan genetik isolat Plasmodium sp (P. falciparum dan/atau P. vivax) antar kabupaten survei.

Salah satu tahap kegiatan yang akan dilakukan dalam menghasilkan dua keluaran tersebut adalah pengambilan sampel darah jari dari tersangka malaria. Untuk pengambilan sampel darah jari tersebut dibutuhkan tenaga kesehatan terkait yang terampil dan pemahaman terhadap alur kegiatan. Oleh karena itu, pada tanggal 21 Februari 2023, BBTKLPP Yogyakarta menyelenggarakan pertemuan Pembekalan Teknis bagi petugas kesehatan yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan surveilans sentinel malaria di Kabupaten Magelang. Pertemuan Pembekalan Teknis dilaksanakan di Gedung Pendopo Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang.

Acara pembekalan teknis dihadiri oleh perwakilan (penanggung jawab program malaria/petugas surveilans dan analis laboratorium) dari 28 puskesmas dan lima rumah sakit di Kab. Magelang. Selain itu, acara juga diikuti oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, serta dari Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda). Kegiatan pembekalan teknis diawali dengan acara pembukaan, lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi dari tim BBTKLPP Yogyakarta. Pada acara pembukaan tersebut, Koordinator Substansi Surveilans Epidemiologi (dr. Yohanna Gita Chandra, M.S.) mewakili Kepala BBTKLPP Yogyakarta memberikan sambutan singkat. Sambutan berikutnya disampaikan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang (Budi Suprastowo, S.K.M., M.M.) dilanjutkan dengan pembukaan acara. Setelah pembukaan, acara berikutnya adalah diseminasi hasil kajian identifikasi karakter genetik Plasmodium sp. di Kab. Magelang tahun 2022 oleh dr. Yohanna Gita Chandra, M.S., dilanjutkan dengan paparan tentang Alur Pengumpulan Spesimen Surveilans Sentinel Malaria oleh Heni Amikawati, S.K.M. (Epidemiologi Kesehatan Ahli Muda BBTKLPP Yogyakarta), dan materi Manajemen Spesimen Surveilans Sentinel Malaria oleh Rudiyanto, A.Md. (Pranata Laboratorium Kesehatan Mahir BBTKLPP Yogyakarta). Pembekalan teknis diakhiri dengan acara diskusi/tanya jawab dan foto bersama.