Rapid Health Assesment (RHA) faktor risiko lingkungan pada Bencana di Kabupaten Wonogiri tahun 2023


Pada hari senin, 20 Februari 2023 telah dilaksanakan RHA FR pada lingkungan kejadian bencana dalam kegiatan Rapid Health Assesment (RHA) faktor risiko lingkungan pada Bencana di Kabupaten Wonogiri tahun 2023 oleh Tim Kajian dari Substansi ADKL. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan surat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri No. 605.3/643 tanggal 16 Februari 2023 bahwa berdasarkan hasil survei Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri telah terjadi tanah longsor di Dusun Gepakan, Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro. Para pengungsi berjumlah 210 jiwa yang di tempatkan pada SDN 2 Pucung. Kondisi air bersih saat bencana keruh sehingga DKK Wonogiri membutuhkan bahan penjernihan air berupa Penjernih Air Cepat (PAC).

Kegiatan yang dilakukan meliputi:

1. Penyerahan logistik berupa Kaporit Tablet, Poly Aluminium Chloride, Kapur Sohor dan Higiene Kit Individu kepada Dinkes Kab Wonogiri.

2. RHA di lokasi pengungsian yang meliputi : penyediaan air bersih, pembuangan sampah rumah tangga, pengelolaan sampah medis, higiene dan sanitasi pangan, pengendalian vektor, sarana pendukung pelayanan kesehatan, dll.

3. Praktek cara Penjernihan Air Cepat (PAC) oleh personil Instalasi Teknologi Tepat Guna BBTKLPP Yogyakarta yang diikuti oleh perwakilan dari Dinkes Kab Wonogiri, Puskesmas Kismantoro dan Tim TAGANA (Taruna Siaga Bencana).