Desk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) oleh Unit Eselon I P2P


Sebagai upaya dalam meningkatkan kinerja instansi pemerintah yang good governance serta persiapan dalam rangka desk SAKIP dengan Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan, Ditjen P2P mengadakan pertemuan desk SAKIP TA 2022 untuk semua satker binaannya. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 27 Februari – 3 Maret 2023 bertempat di Bigland Hotel International and Convention Bogor, Jawa Barat. Peserta berasal dari seluruh UPT di Ditjen P2P baik UPT Pusat maupun UPT Daerah, dari BBTKLPP Yogyakarta diwakili oleh Siswati E. Tarigan dan Aga Aswanta Putra dari Sub Substansi Program dan Laporan.

Pada hari pertama tanggal 27 Februari 2023, kegiatan dimulai dengan paparan yang dijelaskan oleh Christina Panjaitan dari Tim Kerja Informasi dan Kerjasama P2P mengenai mekanisme desk SAKIP dengan Eselon I P2P serta disampaikan pula mekanisme Pelaksanaan Evaluasi SAKIP dengan Inspektorat Jenderal Kemenkes pada tanggal 27 Maret – 6 April 2023 secara luring.

Hari berikutnya pada tanggal 28 Februari 2023, kegiatan resmi dibuka oleh Sekretaris Jenderal Ditjen P2P pada pukul 08.00 WIB. Dalam arahannya, beliau berharap semua Satker P2P mendapatkan nilai SAKIP TA 2022 minimal A, hal tersebut dapat tercapai jika seluruh pimpinan dan staf terlibat dalam perencanaan, pengukuran, pelaporan, dan evaluasi kinerja sehingga pekerjaan dapat diselesaikan baik secara individu maupun secara tim yang akan berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Acara kemudian dilanjutkan paparan dari Inspektorat Jenderal Kemenkes dan KemenpanRB mengenai Hasil Evaluasi SAKIP TA 2021 dan Rencana Penilaian SAKIP TA 2022. Desk SAKIP BBTKLPP Yogyakarta dilakukan pada pukul 14.00 WIB dengan petugas desk Muh Purwanto. Dari hasil desk SAKIP tersebut, ada beberapa hal yang menjadi masukan untuk perbaikan yaitu pada analisis crosscutting perlu ditambahkan sasaran strategis dan kebijakan serta melengkapi PK Turunan (PK Penjabaran).

Dengan adanya desk SAKIP dengan Eselon I P2P tersebut diharapkan semua Satker di P2P dapat mempersiapkan desk SAKIP dengan Inspektorat Jenderal Kemenkes sehingga mampu mencapai nilai SAKIP TA 2022 dengan nilai minimal A yang akan berdampak pada peningkatan pelayanan prima bagi rakyat Indonesia.

Salam Sehat, Sehat Indonesia, Bersyukur!