Kunjungan Kerja Tim Labkesmas Dalam Rangka Pengembangan Grand Design Sistem Informasi Laboratorium Nasional Terintegrasi SATUSEHAT


Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan laboratorium, Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan Association of Public Health Laboratory (APHL) telah mendukung pengembangan sistem informasi laboratorium (SIL) eSIMDADU di B/BTKL-PP. Implementasi SIL eSIMDADU tahap pertama di 4 B/BTKL-PP, yaitu BBTKL-PP Yogyakarta, BBTKL-PP Surabaya, BBTKL-PP Banjarbaru, BTKL-PP Kelas 1 Batam telah selesai dilaksanakan pada tahun 2022. Implementasi tahap kedua di 6 B/BTKL-PP lainnya akan segera dilaksanakan pada tahun 2023.

Seiring berjalannya proses pembentukan dan penguatan jejaring Laboratorium Kesehatan Masyarakat, pada tahun 2022 berdasarkan Surat Keputusan dari Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Nomor HK.02.02/B/865/2022 Tanggal 31 Oktober 2022 telah ditetapkan SIL eSIMDADU sebagai prototipe Aplikasi Sistem Informasi Laboratorium Kesehatan Nasional (SILNAS) Terintegrasi SATUSEHAT.

Pada hari Senin, tanggal 6 Maret 2023 telah dilaksanakan kunjungan dari tim Association of Public Health Laboratory (APHL) dan Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan ke BBTKLPP Yogyakarta. Tujuan kunjungan ini dalam rangka observasi pengembangan grand design sistem informasi laboratorium nasional terintegrasi SATUSEHAT, selain itu tujuan kunjungan ini juga dalam rangka untuk mengevaluasi proses implementasi pengembangan SIL ESIMDADU yang telah dilakukan pada tahap 1 di 4 B/BTKLPP salah satunya di BBTKLPP Yogyakarta.

Tim APHL yang terdiri dari Reshma Kakkar (APHL Global Health Informatics Manager), Rufus Nyaga (APHL Deputy Director, Kenya), Terida E. Ginting (APHL Program Director Indonesia), Antonius Adrian Rispradana (DTO) diterima langsung oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta (dr. Darmawali Handoko, M.Epid), Koordinator Substansi Pengembangan Teknologi Laboratorium (Indah Nurhaeni, S.Si, M.Sc), Kepala Instalasi Laboratorium Resistensi dan Efektivitas (Dr. Andyatu, S.K.M., M.Si), Kepala Instalasi Teknologi Informasi (Mardiansyah, S.Kom, M.P.H.) dan perwakilan dari Instalasi Laboratorium Virologi, Instalasi Laboratorium Parasitologi serta Instalasi Pelayanan Publik dan Hubungan Masyarakat.

Acara dilanjutkan dengan paparan konsep sistem informasi laboratorium nasional Labkesmas dari perwakilan dari DTO, dilanjutkan dengan diskusi rencana konsep grand desain SILNAS yang disampaikan oleh perwakilan dari APHL. Setelah sesi diskusi, acara dilanjutkan dengan kunjungan ke instalasi Pelayanan Publik dan Hubungan Masyarakat dan instalasi laboratorium pengendalian penyakit untuk melihat lebih detail proses bisnis, alur kerja, pengelolaan data sampel uji mulai dari proses penerimaan sampai dengan penerbitan hasil uji.