Pelaksanaan Kegiatan Surveilans Faktor Risiko Penyakit pada saat Lebaran di Kabupaten Semarang


Pada tanggal 6 - 7 Maret 2023, dilaksanakan Kegiatan Surveilans Faktor Risiko Penyakit pada saat Lebaran di dua lokus di Kabupaten Semarang, yaitu Rest Area 429 Ungaran dan Terminal Kelas A Bawen. Pelaksanaan kegiatan dilakukan oleh petugas BBTKLPP Yogyakarta, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang, Puskesmas Leyangan, dan Puskesmas Bawen, serta didukung dan difasilitasi oleh Pengelola Rest Area 429 Ungaran dan Pengelola Terminal Tipe A Bawen. Kegiatan yang dilaksanakan adalah inspeksi kesehatan lingkungan terminal/rest area dan gerai penyediaan makanan, pengambilan contoh uji makanan dan minuman untuk pengujian parameter bakteriologis, contoh uji usap alat makan dan usap tangan penjamah untuk pengujian parameter bakteriologis, dan contoh uji air minum untuk pengujian fisik, kimia, dan bakteriologis.

Jumlah gerai yang menjadi titik sampling sebanyak 20 warung yang terdiri dari 10 warung di Rest Area 429 Ungaran dan 10 warung di Terminal Kelas A Bawen. Hasil inspeksi kesehatan lingkungan menunjukkan masih ada gerai yang belum memenuhi persyaratan terutama sarana penyimpanan peralatan makan dan sarana tempat sampah terbuka dan tidak bebas vektor, penjamah makanan belum disiplin dalam penggunaan alat pelindung diri seperti celemek, masker, dan penutup kepala, penjamah belum mendapatkan pemeriksaan kesehatan rutin, dan penjamah belum mendapatkan penyuluhan tentang keamanan pangan.

Contoh uji makanan dan minuman yang diambil antara lain nasi soto, nasi pecel, nasi rames, bakso, rica-rica ayam, gorengan, es teh, air es, air putih, dll. Contoh usap tangan penjamah diambil sebanyak 20 responden. Contoh usap alat makan terdiri dari piring, mangkuk, sendok, garpu dari masing-masing gerai yang dikumpulkan secara komposit. Sedangkan air minum diambil dari kran yang berasal dari sumber air tanah di Rest Area 429 Ungaran, dan kran dari PDAM di Terminal Kelas A Bawen. Pengujian akan dilaksanakan di Laboratorium BBTKLPP Yogyakarta.