Konsultasi (Koordinasi) Teknis Tim BBTKLPP Yogyakarta ke BBPPVRP Salatiga dalam Persiapan Pelaksanaan Kegiatan Pilot Project Penanggulangan Dengue dengan Metode Wolbachia di Wilayah Kota Semarang tahun 2023


Pilot Project Penanggulangan Dengue dengan Metode Wolbachia akan diujicoba di 5 kota di Indonesia, yaitu Jakarta Barat, Bandung, Semarang, Kupang, dan Bontang. Pada tahun 2023, pilot project ini akan dimulai untuk wilayah kota Semarang. Penyelenggaraan Pilot Project ini diatur dalam Keputusan Menteri Kesehataan Nomor HK.01.07/MENKES/1341/2022. Penyelenggaraan Pilot Project Wolbachia melibatkan multisektor. BBTKLPP Yogyakarta masuk sebagai anggota Tim Penjaminan Mutu, Monitoring dan Evaluasi, yang diketuai oleh dr. Eggi Arguni, M.Sc., Ph.D., Sp.A(K) dari FK-KMK UGM, sementara BBPPVRP merupakan Ketua Bidang Teknologi, yang tugas utamanya adalah memproduksi telur nyamuk Aedes aegypti bagi wilayah implementasi di 5 kota, termasuk untuk total kebutuhan bagi 177 kelurahan di 16 kecamatan di Kota Semarang.

BBTKLPP Yogyakarta selaku anggota Bidang Penjaminan Mutu, Monitoring dan Evaluasi, akan melakukan tugas, yakni screening Wolbachia dan Arbovirus (terutama virus dengue) serta pemeriksaan status resistensi nyamuk Aedes aegypti di wilayah implementasi. Dalam rangka persiapan pelaksanaan tugas tersebut maka BBTKLPP Yogyakarta perlu berkoordinasi dan konsultasi ke BBPPVRP Salatiga untuk memastikan beberapa hal, mencakup kepastian jumlah wilayah yang akan diimplementasikan nyamuk ber-Wolbachia, pembagian tugas dalam pemeriksaan sampel nyamuk, konfirmasi kesiapan tanggal pelaksanaan Pelatihan Pemeriksaan Resistensi secara Molekuler, serta konfirmasi metode serta jenis reagen dan bahan habis pakai yang dibutuhkan dalam kegiatan uji resistensi.

Kegiatan koordinasi ke BBPPVRP dipimpin langsung oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta (dr. Darmawali Handoko, M.Epid) dengan anggota tim, terdiri dari Koordinator Substansi Pengembangan Teknologi Laboratorium, yang juga sebagai Koordinator Kegiatan Kajian Wolbachia di BBTKLPP Yogyakarta (Indah Nur Haeni, S.Si., M.Sc), Entomolog Kesehatan Ahli Madya (Dr. Andiyatu, S.K.M., M.Si), Kepala laboratorium Instalasi Virologi dan Imunologi (Havid Setyawan, SSi, M.Biomed), dan Ika Martiningsih. Tim BBTKLPP Yogyakarta diterima langsung oleh Pejabat Struktural di BBPPVRP Salatiga, yang didampingi oleh personal yang bertugas dalam Tim Teknologi dan Penjaminan Mutu. Pada kegiatan ini dilakukan diskusi/tanya jawab.



Dari hasil koordinasi dan konsultasi ini diperoleh informasi rencana kegiatan tahun 2023 dan akan dilanjutkan dengan pertemuan daring pada Kamis, tanggal 9 Maret 2023 untuk koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan tugas antara Bidang Teknologi (BBPPVRP), Bidang Penjaminan Mutu, Monitoring dan Evaluasi (UGM, BBTKLPP Yogyakarta), dan Tim Pusat. Kegiatan koordinasi diakhiri dengan kunjungan ke laboratorium- laboratorium di B2P2VRP Salatiga. Adapun Laboratorium yang dikunjungi adalah laboratorium insectarium khusus Wolbachia, laboratorium uji kaji insektisida, LIMS, laboratorium biologi molekuler, laboratorium koleksi referensi dan laboratorium yang be perilaku dan promosi Kesehatan, epidemiologi, SIG dan biostatistik serta yang terakhir tim berkunjung ke DUVER (Dunia Vektor dan reservoir Penyakit).