Surveilans Faktor Risiko Penyakit pada saat Lebaran di Kabupaten Gunungkidul


Pada tanggal 8 Maret 2023, dilaksanakan Kegiatan Surveilans Faktor Risiko Penyakit pada saat Lebaran di Kabupaten Gunungkidul di Terminal Dhaksinarga Wonosari. Pelaksanaan kegiatan dilakukan oleh petugas BBTKLPP Yogyakarta, Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul serta didampingi oleh Pengelola Terminal Dhaksinarga Wonosari. Kegiatan yang dilaksanakan adalah Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) terminal dan gerai makanan, pengambilan contoh uji makanan dan minuman untuk pengujian parameter bakteriologis, contoh uji usap alat makan dan usap tangan penjamah untuk pengujian parameter bakteriologis, serta contoh uji air minum untuk pengujian paramater fisik, kimia, dan bakteriologis.

Jumlah gerai makanan yang menjadi titik lokasi pengambilan contoh uji sebanyak 10 warung. Dilakukan wawancara terhadap pengelola terminal dan penjamah makanan (10 responden). Hasil inspeksi kesehatan lingkungan menunjukkan terdapat beberapa kriteria penilaian yang belum optimal yaitu tempat pencucian peralatan dan bahan pangan, ketersediaan tempat sampah yang tertutup, perilaku penjamah makanan dalam memakai alat pelindung diri ( celemek, masker, dan penutup kepala), penjamah belum mendapatkan pemeriksaan kesehatan rutin, dan belum pendapatkan penyuluhan tentang keamanan pangan.

Contoh uji makanan dan minuman yang diambil diantaranya: nasi rames, soto bening, sop pecak, bakso, es teh, air putih. Contoh uji usap alat makan diambil secara komposit terdiri dari piring, mangkuk, sendok, garpu, gelas pada masing - masing gerai. Contoh uji usap tangan penjamah diambil sebanyak 10 responden. Contoh uji air minum diambil dari kran yang berasal dari sumber air tanah Terminal Dhaksinarga Wonosari. Semua contoh uji dilakukan pengujian di Laboratorium BBTKLPP Yogyakarta.