Sholat Berjamaah Semarakkan Ramadhan 1444 H BBTKLPP Yogyakarta


Cukup banyak fadhilah atau keutamaan dari menunaikan shalat berjamaah. Bahkan dinilai mampu meningkatkan peluang diterimanya shalat dibandingkan shalat sendirian. Apalagi mengingat bahwa shalat merupakan tiang agama yang tak boleh ditinggalkan oleh umat muslim. Di bulan yang penuh berkah dan ampunan ini BBTKLPP Yogyakarta menyelenggarakan sholat dzuhur berjamaah setiap hari Senin - Kamis, dan jamaah dihari Jum’at khusus ibu-ibu bertempat di aula lt.5 gedung Administrasi BBTKLPP Yogyakarta.

Kegiatan sholat dzuhur berjamaah diikuti oleh pegawai muslim BBTKLPP Yogyakarta. Shalat berjamaah dilanjutkan dengan kultum yang akan disampaikan oleh pegawai secara bergiliran berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan. Pada pelaksanaan sholat dzuhur berjamah pada tanggal 5 Ramadhan 1444 H, sebelum kultum dimulai Koordinator Substansi TU (Sayekti Udi Utama, SKM.,M.Kes) menyampaikan beberapa informasi terkait agenda Ramadhan, diantaranya adalah pengumpulan donasi/infak saat sholat berjamaah yang akan didistribusikan ke yang memerlukan bantuan terutama yang sudah bersurat ke BBTKLPP Yogyakarta dan donasi ke jum’at berkah (membeli makanan/minuman) untuk pegawai internal serta akan membuka donasi berbagi lebaran untuk dibelikan sembako bagi teman – teman BBTKLPP Yogyakarta yang membutuhkan. Informasi terakhir yang disampaikan yaitu BBTKLPP Yogyakarta akan menggelar Syawalan dihari pertama masuk kerja setelah libur lebaran.

Kultum hari pertama diisi oleh kepala BBTKLPP Yogyakarta (dr. Darmawali Handoko, M.Epid). Dalam kultumnya beliau menyampaikan bahwa di bulan yang penuh rahmat dan ampunan ini dimana semua pahala dilipat gandakan, alangkah baiknya jika setiap bulan Ramadhan dipersiapkan dengan baik, dengan melakukan hal – hal yang baik dan tidak melakukan dosa, jangan samakan bulan Ramadhan dengan bulan – bulan lainnya. Setiap Ramadhan harus berbeda dimana kita harus menjadi orang yang lebih baik dari tahun – tahun sebelumnya dan ibadah puasa sendiri sangat baik bagi kesehatan, baik jasmani maupun rohani.

Dipandang dari segi sosial, selain untuk memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, juga untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para ASN di lingkungan BBTKLPP Yogyakarta, shalat berjamaah juga dapat meningkatkan keakraban, saling toleransi, dan banyak hal positif lainnya, bahkan seperti ajaran Islam mengenai kesetaraan. Saat berjamaah, kita akan menghilangkan ego, perbedaan status jabatan maupun sosial, semua dengan penuh kerendahan hati tunduk pada Sang Khalik.

Marhaban Ya Ramadhan.