Surveilans Faktor Risiko Penyakit pada saat Lebaran di Kota Yogyakarta


Dalam rangka kewaspadaan dini menjelang lebaran BBTKLPP Yogyakarta melaksanakan kegiatan Surveilans Faktor Risiko pada saat Lebaran pada tanggal 10 dan 17 Maret 2023 di Terminal Giwangan Tipe A Kota Yogyakarta. Kegiatan dilaksanakan oleh petugas BBTKLPP Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Puskesmas Umbulharjo I serta Pengelola Terminal. Kegiatan yang dilakukan adalah inspeksi kesehatan lingkungan terminal dan tempat penyedia makanan, pengambilan contoh uji makanan dan minuman untuk parameter bakteriologis, contoh usap alat makan dan usap tangan penjamah makanan untuk pengujian parameter bakteriologis dan contoh uji air minum untuk pengujian parameter fisik, kimia dan bakteriologis.

Jumlah tempat penyediaan makanan yang menjadi titik sampling sebanyak 20 warung yang terdiri dari 17 warung di dalam dan 3 warung di luar area Terminal. Hasil inspeksi kesehatan lingkungan menunjukkan masih terdapat gerai penyedia makanan yang belum memenuhi peryaratan seperti sarana pencucian peralatan dan cuci tangan, sarana penyimpanan peralatan makan dan sarana tempat sampah terbuka dan tidak bebas dari vektor, penjamah makanan belum disiplin dalam mencuci tangan menggunakan sabun sebelum menangani makanan dan penggunaan alat pelindung diri seperti celemek, masker dan pelindung kepala, penjamah belum melaksanakana pemeriksaan kesehatan rutin dan penjamah belum mendapatkan penyuluhan tentang keamanan pangan.

Contoh uji makanan yang diambil antara lain Nasi rames, soto ayam, sate ayam, nasi pecel, mie ayam, es teh. Contoh usap tangan penjamah diambil sebanyak 20 responden. Contoh usap alat makan diambil secara komposit pada masing-masing warung terdiri dari piring, mangkuk, gelas, sendok dan garpu.