Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Fungsional di Lingkungan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan


Jumat, 9 Juni 2023, pukul 08.00 WIB Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Ditjen P2P) Kementerian Kesehatan, Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM.,MARS telah melantik sekaligus mengambil sumpah terhadap 97 pejabat fungsional dari beberapa Unit Pelaksana Teknik di lingkungan Ditjen P2P. Acara yang diselenggarakan secara luring bagi peserta di wilayah Jakarta dan secara daring bagi peserta di luar Jakarta ini juga diikuti oleh 3 orang ASN BBTKLPP Yogyakarta terdiri dari Priyanka Avatara Dewa sebagai fungsional Pranata Laboratorium Terampil, Zuanah dan Hafiz Widianto sebagai fungsional Entomolog Kesehatan Terampil.

Dalam kesempatan ini, Kepala BBTKLPP Yogyakarta, dr. Darmawali Handoko, M.Epid bersama Kepala Subbagian Administrasi Umum, Apt. Dhelina Auza Utami, S.Farm.,M.M Koordinator Substansi Tata Usaha, Sayekti Udi Utama, SKM.,M.Kes dan Koordinator Substansi Pengembangan Teknologi dan Laboratorium, Indah Nur Haeni, S.Si, M.Sc turut hadir menyaksikan daring Pelantikan dan pengambilan sumpah yang diikuti oleh 3 peserta dari BBTKLPP Yogyakarta tersebut.

Acara dimulai dengan mendengarkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan SK pengangkatan pertama/alih jabatan ke dalam jabatan fungsional para peserta, pengambilan sumpah, dilanjutkan pelantikan, perwakilan penandatangan berita acara sumpah jabatan, amanat dari pejabat pengambil sumpah, pembacaan doa, dan ditutup dengan mendengarkan lagu Padamu Negeri.

Dalam amanatnya Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM.,MARS menyampaikan bahwa pengembangan karier pegawai tidak dilakukan semata-mata untuk kepentingan pegawai yang bersangkutan, melainkan lebih diutamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan fungsi institusi. Saat ini setiap pejabat fungsional yang telah dilantik selain telah mengikrarkan sumpah jabatan pada saat pelantikan, juga melakukan penandatanganan berita acara sumpah serta penandatangan pakta integritas yang merupakan bukti dalam melaksanakan Good Governance. Kontribusi Peserta terhadap kemajuan organisasi Kementerian Kesehatan sangat dibutuhkan dan mengingat bahwa peran Direktorat Jenderal P2P sangat strategis, yaitu melaksanakan fungsi secara teknis dalam menjalankan program kesehatan yang ada. Diakhir sambutannya, Dirjen P2P menyampaikan harapan :

1.Senantiasa menerapkan core value ’BERAKHLAK’ dalam bekerja serta menjaga dan mempertahankan integritas, loyalitas, dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab.

2.Dalam melaksanakan tugas agar selalu melakukan indentifikasi masalah dan mengembangkan alternatif pemecahannya serta menentukan alternatif terbaik berdasarkan asumsi-asumsi yang logis.

3.Selalu meningkatkan kinerja pribadi, unit kerja maupun keseluruhan organisasi termasuk didalamnya menjalankan tugas-tugas atau mendorong suatu cara kerja baru yang inovatif.

4. Menciptakan dan mendorong terjadinya interaksi, keselarasan dan kerja sama yang kondusif.

5. Mampu berkordinasi dengan sesama pejabat fungsional dan struktural yang ada dalam menjalankan tugas dengan menggunakan logika dan gaya interpersonal sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

6.Selalu menunjukkan perilaku sebagai seorang pejabat fungsional yang beretika secara konsisten.

7. Menjaga netralitas PNS sebagai aparatur dengan maksud menjamin terselenggaranya tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat dengan lebih baik.

Setelah dilaksanakannya pelantikan ini diharapkan kepada para pegawai yang baru saja dilantik dan juga kita semua dapat menjadi ASN yang bangga melayani bangsa, bangga melayani masyarakat, serta mampu bekerja menjalankan kewajiban sesuai dengan nilai-nilai dasar BerAKHLAK.

Maju Terus BBTKLPP Yogyakarta…!!