Program Peningkatan Kompetensi Microsoft Office Tingkat Dasar di BBTKLPP Yogyakarta


Pada hari rabu dan kamis tanggal 14-15 Juni 2023 diselenggarakan Program Peningkatan Kompetensi Microsoft Office Tingkat Dasar di Ruang Rapat Kepala lantai 2 BBTKLPP Yogyakarta. Acara ini diikuti oleh delapan pegawai internal yaitu : Bapak Sartono, Bapak Suhardjiono, Bapak Hermanto, Bapak Bambang S, Bapak Suraji, Bapak Murjiman, Bapak Sarjono, dan Bapak Damianus.

Pada hari pertama acara dimulai dengan pembukaan oleh Bapak Mardiansyah, S.Kom, M.P.H, Kepala Instalasi Teknolgi Informasi BBTKLPP Yogyakarta. Materi yang disampaikan yaitu tentang dasar – dasar microsoft office, seperti antar muka microsoft word, cara membuat dokumen baru, mengatur ukuran kertas, mengatur perataan kalimat, mengatur format dan ukuran huruf, membuat tabel, membuat header footer, dan membuat nomor halaman.

Penyajian materi disampaikan kepada peserta pelatihan dengan studi kasus membuat dokumen Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) dengan mempraktekkan secara langsung, dengan didampingi oleh tim IT, Kepala Sub Bagian Administrasi Umum, Ibu Dhelina Auza Utami, S.Farm, Apt, M.M., serta Sub Koordinator Subsubstansi Program dan Laporan, Nadia Regina Martanti, SKM. Sehingga memudahkah peserta apabila ada yang tidak dimengerti dapat bertanya secara langsung dan dapat lebih memahami setiap materi yang disampaikan.

Pelatihan pada hari kedua dilanjutkan dengan materi pembuatan Standar Operasinal Prosedur (SOP). Acara diawali dengan pembukaan oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta, Bapak Darmawali Handoko, M.Epid. Beliau menyampaikan sekilas tentang Kode Etik dan Kode Perilaku Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Kesehatan, yaitu perilaku Berorirentasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Loyal dan Adapatif (BerAkhlak). Diharapkan dengan adanya pelatihan ini para peserta dapat meningkatkan kemampuan khusunya dalam hal pengetahuan microsoft office.

Selanjutnya beliau juga memberikan motivasi kepada peserta pelatihan dengan memberikan materi tentang tujuh kebiasaan perilaku yang produktif yaitu berfikir optimis, memiliki kebiasaan untuk selalu gigih berjuang, kebiasaan terus belajar mengembangkan kompetensi diri, selalu menyusun rencana tindakan yang sistematis dan menerapkannya, rajin berbuat kebaikan kepada sesama, rajin bersyukur, serta rajin berolahraga. Kemudian dilanjutkan materi oleh Bapak Mardiansyah, S.Kom, M.P.H., tentang SOP. Peserta diajarkan bagaimana membuat tabel dan membuat flowchart alur sebuah SOP dengan metode Drawing Canvas, yang lebih mudah dibuat ketika adanya revisi sebuah dokumen.

Akhirnya dengan adanya pelatihan ini diharapakan para peserta dapat membuat dokumen SPJ dan SOP, kedepan akan diadakan pelatihan – pelatihan selanjutnya yang bermanfaat bagi pegawai khususnya terkait pengembangan kompetensi yang akan difasilitasi oleh BBTKLPP Yogyakarta.