Pelaksanaan Kegiatan Finalisasi Hasil Kegiatan Di Substansi Analisis Dampak Kesehatan Lingkungan (ADKL) BBTKLPP Yogyakarta Yang Telah Dilaksanakan Awal Tahun 2023 Ke Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah


Sehubungan dengan beberapa kegiatan di Substansi Analisis Dampak Kesehatan Lingkungan (ADKL) BBTKLPP Yogyakarta telah dilaksanakan di awal tahun 2023, maka perlu di sampaikan laporan hasil kegiatan tersebut. Tim BBTKLPP Yogyakarta diterima oleh Bapak Danny Setiawan, S.K.M., M.Kes. Sub Koordinator Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga dan Ibu dr. Atin Suhesti Sub Koordinator Seksi Surveilans dan Imunisasi, beserta JFT sanitarian, JFT Epidemiologi, dan Staf Program dan Laporan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Hasil yang disampaikan antara lain kegiatan Surveilans Faktor Risiko Penyakit pada saat Lebaran, Surveilans Faktor Risiko Antraks, serta hasil pengambilaan sampel makanan kegiatan Surveilans Faktor Risko Penyakit Pada Embarkasi Haji di Asrama Haji Donohudan.

Dalam diskusi disampaikan juga beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan, namun masih berposes bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota terkait. Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu Surveilans faktor risiko penyakit Leptospirosis, Surveilans Faktor Risiko Penyakit Bersumber Air Melalui Sumber Air Minum Masyarakat Analisis Dampak Faktor Risiko Merkuri Terhadap Kesehatan di Lingkungan Penambangan Pemetaan Luas Daerah Reseptif Daerah Malaria, Surveilans Perilaku dan Konfirmasi Vektor DBD dan kegiatan Identifikasi Risiko dan Dampak Bencana/Pencemaran Lingkungan Potensi KLB Penyakit Terhadap Masyarakat. Untuk terlaksananya kegiatan tersebut BBTKLPP Yogyakarta perlu dukungan dan arahan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah agar pelaksanaan kegiatan tersebut dapat dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten terkait dengan baik dan sesuai yang sudah direncanakan.

Hasil dari diskusi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah akan menindaklanjuti hasil laporan kegiatan Surveilans Faktor Risko Penyakit Pada Embarkasi Haji di Asrama Haji Donohudan untuk hasil makanan yang positif dengan melakukan supervisi ke asrama Haji Donohudan. Sedangkan untuk kerjasama BBTKLPP Yogyakarta dengan Dinas Kesehatan Kabupaten terkait dalam pelaksanaan kegiatan Dinas Keseatan Provinsi akan mendukung dan hadir dalam pertemuan zoom meeting ataupun dalam pelaksanaan kegiatan.