Pertemuan Diseminasi Strategi Nasional Pengendalian Japanese Encephalitis


Japanese Encephalitis (JE) merupakan penyebab utama encephalitis yang disebabkan oleh virus di Asia. Pada kegiatan Surveilans Sentinel JE yang dilaksanakan sejak tahun 2014 di Indonesia, kasus JE sudah dilaporkan di 9 provinsi, termasuk di DIY dan Jawa Tengah. Namun demikian, beban penyakit ini masih belum diketahui dengan pasti dan diperkirakan masih banyak kasus yang tidak dilaporkan. Oleh karenanya, pada tahun 2023 ini disusunlah Strategi Nasional (Stranas) Penanggulangan JE di Indonesia. Setelah finalisasi dokumen selesai dilakukan, pada hari Senin, 19 Juni 2023 dilaksanakan Pertemuan Diseminasi Strategi Nasional Penanggulangan JE secara hybrid di Hotel Swiss-Belboutique.

Acara ini dihadiri oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta, dr. Darmawali Handoko, M.Epid., didampingi Koordinator Substansi SE, dr. Y. Gita Chandra, M.S., dan Sub Koordinator Sub Substansi Pengkajian dan Diseminasi Informasi, dr. Dwi Amalia, M.P.H.

Pada pertemuan tersebut, dipresentasikan secara menyeluruh semua bagian dari dokumen Stranas, yang terdiri atas 6 Bab, yaitu: 1. Pendahuluan; 2. Analisis Situasi, Tantangan, dan Isu Strategis; 3. Tujuan dan Target; 4. Strategi dan Intervensi; 5. Anggaran dan Pembiayaan Stranas JE; dan 6. Sasaran dan Implementasi. Presentasi tersebut diikuti dengan tanggapan dari peserta serta diskusi. Beberapa hal yang mengemuka dalam diskusi antara lain penguatan peran daerah dalam pelaksanaan surveilans dan pembiayaan, pembagian peran antara pemerintah pusat dan daerah, dan peran lintas sektoral terutama dalam hal pengendalian vektor.