Surveilans Faktor Risiko Penyakit Leptospirosis di Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo


Sehubungan dengan adanya peningkatan kasus Leptospirosis di Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, maka Substansi ADKL BBTKL PP Yogyakarta dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Puskesmas Girimulyo 1, dan HAKLI Kabupaten Kulon Progo melaksanakan kegiatan Surveilans Faktor Risiko Penyakit Leptospirosis di wilayah kerja Puskesmas Girimulyo 1 Kabupaten Kulon Progo. Kegiatan dilakukan selama 2 hari pada tanggal 15-16 Juni 2023 dengan pelaksanaan hari pertama pemasangan perangkap tikus, inspeksi kesehatan lingkungan rumah warga, dan wawancara masyarakat di wilayah kasus Leptospirosis oleh gabungan petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Puskesmas Girimulyo 1, HAKLI Kabupaten Kulon Progo, dan Kelompok Tani Kecamatan Girimulyo.

Pada hari kedua dilakukan pengambilan perangkap, identifikasi, serta pengambilan sampel serum dan ginjal tikus. Selain itu dilakukan juga pengambilan sampel air dan tanah di lokasi persawahan warga yang terkena kasus Leptospirosis. Kegiatan dimulai dengan bimbingan teknik/breafing pembiusan, pengambilan sampel darah, identifikasi, dan ginjal tikus oleh JFT Entomolog Y. Didik Setiyawan, S.Si., M.Sc. beserta tim BBTKLPP Yogyakarta. Peserta kegiatan diikuti oleh petugas Dinkes Kabupaten Kulon Progo, Puskesmas Girimulyo 1, Puskesmas Nanggulan, Mahasiswa magang dari UGM dan Poltekkes Kemenkes Semarang.

Hasil kegiatan tertangkap 15 ekor tikus dengan jenis Ratus tanezumi, Ratus argentiventer, dan Ratus tiomanicus. Sampel yang diperoleh untuk pengujian bakteri Leptospira antara lain 15 serum dan ginjal tikus, dua sampel air, dan dua sampel tanah. Hasil inspeksi kesehatan lingkungan dan wawancara pengetahuan, sikap, dan perilaku responden sebanyak 50 Kepala Keluarga (KK). Sampel darah dan ginjal tikus dibawa ke BBTKLPP Yogyakarta untuk dilakukan pemeriksaan di laboratorium dan lembar kuisioner akan diolah datanya oleh tim Sanitarian BBTKLPP Yogyakarta. Hasil kegiatan diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam penentuan program pencegahan kasus Leptospirosis di Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.