Surveilans Faktor Risiko Penyakit Bersumber Air Melalui Sumber Air Minum Masyarakat di Kabupaten Pati.jpg


Dalam rangka pelaksanaan surveilans faktor risiko berbasis lingkungan, BBTKLPP Yogyakarta melakukan kegiatan “Surveilans Faktor Risiko Penyakit Bersumber Air melalui Sumber Air Minum Masyarakat” di Kabupaten Pati. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 11 sd 13 Juli 2023. Tim kegiatan BBTKLPP Yogyakarta diterima oleh Ibu Etty Irianingrum, SKM, M.Kes Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat beserta Tim Kerja Kesmas dinas Kesehatan Kabupaten Pati.

Tim kegiatan terdiri dari petugas Sanitarian, petugas laboratorium faktor risiko Kimia dan Biologi Lingkungan BBTKLPP Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas setempat melaksanakan Inspeksi Kesehatan Lingkungan/IKL di sumber air, wawancara pelanggan dan pengambilan sampel di Kelompok Pemakai Air (POKMAIR) non Pamsimas. IKL sumber air minum dilakukan di 8 (delapan) Kelompok Pemakai Air yaitu di Desa Kuniran, Desa Tompomulyo, Kec. Batangan, Pati; Desa Metaraman, Desa Langse, Kec. Morgorejo, Pati; Dukuh Kalangan, Desa Tegal Arum, Kec. Margoyoso, Pati; Dukuh Mondoliko, Desa Tegal Arum, Kec. Margoyoso; Dukuh Sawahploso, Desa Brati Kec. Kayen, Pati; Dukuh Grasak, Desa Brati, Kec. Kayen, Pati. Jumlah sampel sebanyak 32 diambil di 8 sumber air minum dan 24 sampel diambil di titik terdekat, tengah dan terjauh dari pelanggan/pengguna air. Dilakukan wawancara kepada pelanggan sebanyak 120 pelanggan.

Sampel diuji di laboratorium BBTKLPP Yogyakarta parameter fisik, kimia dan bakteriologi sesuai Permenkes No. 2 tahun 2023. Data-data yang diperoleh serta hasil uji sampel disusun menjadi laporan dan diberikan rekomendasi kepada Dinas Kesehatan dan Puskesmas untuk dilakukan tindaklanjut.